Tidak Punya Bakat, Kemampuan Bidang Apapun, Hobi Ataupun Cita-cita. Bagaimana Nasib Saya ?

Kondisi yang paling mengenaskan adalah kondisi dimana kamu tidak punya kemampuan sebagai daya jual diri. Pernah suatu hari saya menemui postingan Facebook teman saya yang menulis kira-kira seperti ini bunyinya : “Saya tidak punya bakat di bidang apapun, IPK saya juga pas-pasan, saya tidak punya pengalaman kerja, saya lulusan IT (S.kom) namun tidak bisa coding, saya suka bermain komputer (gaming) itupun saya tidak ahli dalam dota, saya lebih sering jadi support bahkan sering dikatai nge-feed, saya kira apa ada perusahaan yang mau rekrut saya dengan kondisi seperti ini ?”.

Semakin hari saya mulai menyadari kita sudah tidak hidup di jaman kerja keras, segala hal dapat dipelajari. Di abad 21 ini sudah banyak orang yang teredukasi dengan baik, kehidupan terasa lebih sulit daripada masa lampau dimana orang masih mudah mendapatkan pekerjaan. Fresh graduate masa kini dituntut lebih banyak bisa, ini diperparah dengan banyaknya lulusan sarjana yang tiap tahun makin meningkat. Situasi ini tidak diimbangi dengan kompetensi yang dipunyai. Saya tidak tahu bagaimana mengekspresikan lulusan S1 memiliki kemampuan setara dengan SMA atau bahkan lebih buruk daripada SMK. Berikut saran yang saya terapin dalam hidup saya :

  1. Kursus

    Walaupun kamu tidak memiliki kemampuan apapun, kamu harus bersyukur S1 termasuk salah satu hal yang wajib kamu punya dalam bersaing melamar kerja bahkan saat bertemu dengan orang lain seperti mertua kamu tidak direndahkan. Kursus adalah jalan keluar apabila memang sudah tidak ada lagi jalan. Sebelum saya lulus saya sudah menyadari saya harus bekerja sebagai apa dan posisi apa. Jika memang kamu belum mempelajarinya di kuliah kamu bisa mengambil kursus tambahan sebagai nilai lebih CV-mu.

  2. Miliki Sertifikat International

    Beberapa kursus biasanya memberikan sertifikat kursus dari lembaganya namun ini tidak menolong lebih, sebaiknya kamu mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat international seperti PMP.

  3. Perbaiki Penampilan

    Banyak yang beranggapan ‘Don’t Judge Book By Cover’. Ini ada benarnya namun jika kamu tidak mempunyai kelebihan apapun, orang akan menilai kamu dari penampilan. Ingat diri yang bersih adalah bagian dari iman.

  4. Perbaiki Mental Dan Jadi Positif

    Orang yang percaya diri akan lebih disukai apalagi pekerjaan yang berhubungan dengan klien. Mental positif dapat kamu pelajari di Wikihow ataupun artikel lainnya. Hal yang paling natural adalah bertemanlah sebanyak mungkin, itu semua akan menular ke kamu. Orang positif membawa energi positif, kamu bisa perhatikan orang positif disekitarmu dan contohi dia.

  5. Ibadah Dan Doa

    Diantara kamu mungkin ada yang belum tau berita bahwa Mark Zuckerberg pendiri Facebook adalah seorang atheis. Menurut isu, kini dia mulai menganut agama istrinya dan berdoa berdasarkan keyakinan istrinya. Bahkan di kesuksesannya dia menemukan jalan untuk taat kepada Sang Pencipta. Teman-teman kami yang muslim bahkan menganjurkan bersedekah untuk rejeki yang lebih baik.

 

Sekarang saatnya kamu action

 

 

Leave a comment